Pertemuan 1 : Serat Wedhatama Pupuh Kinanthi
Serat Wedhatama Pupuh Kinanthi
Watak tembang kinanthi yaiku kemuliaan, tauladan kang becik, nasihat lan katresnanan, seneng, tresna asih, mitutura, nuladani, mula lumrahe kanggo menehi pitutur lan crita kang nalekane rasa tresna asih
Pugerane Tembang Kinanthi
1. Pada : 17
2. Guru Gatra : 6
3. Guru Lagu : u, i, a, i, a, i
4. Guru Wilangan : 8, 8, 8, 8, 8, 8
Sekar Tembang Kinanthi
5 6 6 6 6 1’ 2’ 2’
Mang- ka kan- thi- ning tu- mu- wuh
2’ 2’ 1’ 1’ 6 61’ 5 6’
Sa- la- mi- mung a- was e- ling
5 6 1 1’ 1’ 1’ 1’ 61’
A- was sa- jro- ning lu- mam- pah
5 5 5 5 5 2 32 1
E- ling lu- ki- ta du- ma- di
1 2 3 5 5 5 5 5
Su- pa- di nir ing sang- sa- ya
3 2 2 2 2 32 3 5
Ye- ku- pang- rek- sa- ning u- rip
Cakepan Serat Wedhatama Pupuh Kinanthi (Pada 83 – 87)
Pada 83 Mangka kanthining tumuwuh, salami mung awas eling, eling lukitaning alam, dadi wiryaning dumadi, supadi nir ing sangsaya, yeku pangreksaning urip | Pada 84 Marma den taberi kulup, Angulah lantiping ati, Rina wengi den anedya, Pandak-pandukung pambudi, Mbengkas kardaning driya, Supadya dadya utami
| Pada 85 Pangasahe sepi samun, Away esah ing salami, Samangsa wis kawistara, Lalandhepe mingis-mingis, Pasah wukir Reksamuka, Kekes srabedaning budi
| |
Pada 86 Dene awas tegesipun, Weruh warananing urip, Miwah wisesaning tunggal, Kang atunggil rina wengi, Kang mukitan ing sakarsa, Gumelar ngalam sakalir | Pada 87 Aywa sembrana ing kalbu, Wawasen wuwus sireki, Ing kono yekti karasa, Dudu ucape pribadi, Marma den sembadeng sedya, Wewesen praptaning uwis. | ||
Pertemuan 2 : Isi lan Pitutur Luhur Serat Wedhatama Pupuh Kinanthi
No. Lirik Tembang Terjemahan Nilai-nilai pendidikan karakter 83 Mangka kanthining tumuwuh, Salami mung awas eling, Eling lukitaning alam, Dadi wiryaning dumadi, Supadi nir ing sangsaya, Yeku pangreksaning urip. Padahal bekal hidup, selamanya waspada dan ingat, Ingat akan pertanda yang ada di alam ini, Menjadi kekuatannya asal-usul, supaya
lepas dari sengsara. Begitulah memelihara hidup. Bait ke 83. Petuah agar dalam
hidupnya, orang berbekal ingat dan waspada (eling lan waspada; awas
lan eling). Ingat yang dimaksud adalah ingat pada petunjuk atau
contoh pelajaran yang diberikan oleh alam (eling lukitaning alam). 84 Marma den taberi kulup, Angulah lantiping ati, Rina wengi den anedya, Pandak panduking pambudi, Bengkas kahardaning driya, Supaya dadya utami.` Maka rajinlah anak-anakku, Belajar menajamkan hati, Siang malam berusaha, merasuk ke dalam sanubari, melenyapkan nafsu pribadi, Agar menjadi (manusia) utama. Bait ke 84. Petuah agar
mempertajam perasaan (angulah lantiping ati) dan
menyingkirkan hawa nafsu agar menjadi manusia yang berbudi luhur (bengkas
kahardaning driya, supaya dadya utami). 85 Pangasahe sepi samun, Aywa esah ing salami, Samangsa wis kawistara, Lalandhepe mingis mingis, Pasah wukir reksamuka, Kekes srabedaning budi. Mengasahnya di alam sepi (semedi), Jangan berhenti selamanya, Apabila sudah kelihatan, tajamnya luar biasa, mampu mengiris gunung penghalang, Lenyap semua penghalang budi. Bait ke 85. Ajaran tentang cara
mempertajam hati, yaitu dengan samadi di tempat yang sunyi (pangasahe
sepi samun). Ketajamannya dapat mengikis gunung penghalang, yang
menjadi penghalangnya budi (bengkas kahardaning driya, kekes
srabedaning budi). 86 Dene awas tegesipun, Weruh warananing urip, Miwah wisesaning tunggal, Kang atunggil rina wengi, Kang mukitan ing sakarsa, Gumelar ngalam sakalir. Awas itu artinya, tahu penghalang kehidupan, serta kekuasaan yang tunggal, yang bersatu siang malam, Yang mengabulkan segala kehendak, terhampar alam semesta. Bait ke 86-88. Petuah agar
waspada, artinya mengetahui penghalang dalam hidup (wruh warananing
urip). Juga agar tidak lengah dalam hati (aywa sembrana ing
kalbu) dan memperhatikan pada kata-kata yang diucapkan
sendiri, menghilangkan keraguan dalam hati, dan waspada dalam memandang
sesuatu (waspada ing pangeksi). 87 Aywa sembrana ing kalbu, Wawasen wuwus sireki, Ing kono yekti karasa, Dudu ucape pribadi, Marma den sembadeng sedya, Wewesen praptaning uwis. Hati jangan lengah, Waspadailah kata-katamu, Di situ tentu terasa, bukan ucapan pribadi, Maka tanggungjawablah,
perhatikan semuanya sampai tuntas. 88 Sirnakna semanging kalbu, Den waspada ing pangeksi, Yeku dalaning kasidan, Sinuda saka sethithik, Pamothahing nafsu hawa, Linalantih mamrih titih. Sirnakan keraguan hati, waspadalah terhadap pandanganmu, Itulah caranya berhasil, Kurangilah sedikit demi sedikit godaan
hawa nafsu, Latihlah agar terlatih. 89 Aywa mematuh nalutuh, Tanpa tuwas tanpa kasil, Kasalibuk ing srabeda, Marma dipun ngati-ati, Urip keh rencananira, Sambekala den kaliling. Jangan terbiasa berbuat aib, Tiada guna tiada hasil, terjerat oleh aral, Maka berhati-hatilah, Hidup ini banyak rintangan, Godaan harus dicermati. Bait 89-90. Petuah agar tidak
membiasakan diri berbuat nista (awya mematuh nalutuh), hati-hati
terhadap berbagai rintangan dalam hidup. Umpama orang berjalan, jalan yang
berbahaya dilalui, apabila kurang waspad, dapat tertusuk duri (sayekti
kasandung ri) atau terantuk batu. 90 Umpamane wong lumaku, Marga gawat den liwati, Lamun kurang ing pangarah, Sayekti karendhet ing ri. Apese kasandhung padhas, Babak bundhas anemahi. Seumpama orang berjalan, Jalan berbahaya dilalui, Apabila kurang perhitungan, Tentulah tertusuk duri, celakanya terantuk batu, Akhirnya penuh luka. 91 Lumrah bae yen kadyeku, Atetamba yen wus bucik, Duweya kawruh sabodhag, Yen tan nartani ing kapti, Dadi kawruhe kinarya, Ngupaya kasil lan melik. Lumrahnya jika seperti itu, Berobat setelah terluka, Biarpun punya ilmu segudang, bila tak sesuai tujuannya, ilmunya hanya dipakai mencari nafkah
dan pamrih. Bait 91-93. Petuah agar tidak
seperti diibaratkan ‘berobat sesudah terluka’ (atetamba yen wus
bucik). Yang demikian itu, meskipun orang mempunyai pengetahuan,
tetapi tidak ada gunanya, sehingga pengetahuannya hanya untuk mencari nafkah
dan pamrih (kawruhe kinarya ngupaya kasil lan melik). 92 Meloke yen arsa muluk, Muluk ujare lir wali, Wola wali nora nyata, Anggepe pandhita luwih, Kaluwihane tan ana, Kabeh tandha tandha sepi. Baru kelihatan jika keinginannya
muluk-muluk, Muluk-muluk bicaranya seperti wali, Berkali-kali tak terbukti, merasa diri pandita istimewa, Kelebihannya tak ada, Semua bukti sepi. 93 Kawruhe mung ana wuwus, Wuwuse gumaib gaib, Kasliring thithik tan kena, Mancereng alise gathik, Apa pandhita antiga, Kang mangkono iku kaki, Ilmunya sebatas mulut, Kata-katanya di gaib-gaibkan, Dibantah sedikit saja tidak mau, mata
membelalak alisnya menjadi satu, Apakah yang seperti itu pandita
palsu,..anakku ? 94 Mangka ta kang aran laku, Lakune ngelmu sejati, Tan dahwen pati openan, Tan panasten nora jail, Tan njurungi ing kahardan, Amung eneng mamrih ening. Padahal yang disebut “laku”, sarat menjalankan ilmu sejati tidak
suka omong kosong dan tidak suka memanfaatkan hal-hal sepele yang bukan
haknya, Tidak iri hati dan jail, Tidak melampiaskan hawa nafsu.
Sebaliknya, bersikap tenang agar menggapai keheningan jiwa. Bait ke 94. Ajaran bahwa
syarat menjalani ilmu sejati (lakune ngelmu sejati) adalah
tidak iri dan dengki (tan dahwen pati openan), tidak berhati
panas (tan panasten), tidak mengganggu orang lain (nora
jail), tidak melampiaskan hawa nafsu (tan njurung ing
kahardan), namun hanyalah diam agar tenang (amung eneng
amrih ening). 95 Kaunanging budi luhung, Bangkit ajur ajer kaki, Yen mangkono bakal cikal, Thukul wijining utami, Nadyan bener kawruhira, Yen ana kang nyulayani. Luhurnya budipekerti, pandai beradaptasi, anakku ! Demikian itulah awal mula, tumbuhnya benih keutamaan, Walaupun benar ilmumu, bila ada yang mempersoalkan.. Bait ke 95-98. Ajaran bahwa budi
yang baik itu biasanya pandai bergaul dengan berbagai kalangan (bangkit
ajur ajer). Meskipun pengetahuannya yang benar berbeda dengan
pendapat orang lain, ia bersikap baik, sekedar untuk menyenangkan hati orang
lain (mung ngenaki tyasing lyan). Oleh karena itu hendaknya
dapat berpura-pura bodoh (den bisa mbusuki ujaring janmi). 96 Tur kang nyulayani iku, Wus wruh yen kawruhe nempil, Nanging laire angalah, Katingala angemori, Mung ngenaki tyasing liyan, Aywa esak aywa serik. Walau orang yang mempersoalkan itu,
sudah diketahui ilmunya dangkal, tetapi secara lahir kita mengalah, berkesanlah persuasif, sekedar menggembirakan hati orang
lain. Jangan sakit hati dan dendam. 97 Yeku ilapating wahyu, Yen yuwana ing salami, Marga wimbuh ing nugraha, Saking heb Kang mahasuci, Cinancang pucuking cipta, Nora ucul ucul kaki. Begitulah sarat turunnya wahyu, Bila teguh selamanya, dapat bertambah anugrahnya, dari sabda Tuhan Mahasuci, terikat di ujung cipta, tiada terlepas-lepas anakku. 98 Mangkono ingkang tinamtu, Tampa nugrahaning Widhi, Marma ta kulup den bisa, Mbusuki ujaring janmi, Pakoleh lair batinnya, Iyeku budi premati. Begitulah yang digariskan, Untuk mendapat anugrah Tuhan. Maka dari itu anakku, sebisanya, kalian pura-pura menjadi
orang bodoh terhadap perkataan orang lain, nyaman lahir batinnya, yakni budi yang baik. 99 Pantes tinulat tinurut, Laladane mrih utami, Utama kembanging mulya, Kamulyan jiwa dhiri, Ora ta yen ngeplekana, Lir leluhur nguni-uni. Pantas menjadi suri tauladan yang
ditiru, Wahana agar hidup mulia, kemuliaan jiwa raga. Walaupun tidak persis, seperti nenek
moyang dahulu. Bait ke 99-100. Petuah agar
mengikuti kebaikan-kebaikan yang telah diajarkan itu sebagai langkah mencapai
kemuliaan. Meskipun tidak mampu untuk persis, tetapi harus ikhtiar
semampunya. Jika tidak demikian berarti sungguh rugi hidup ini (yekti
tuna tinitah). 100 Ananging ta kudu kudu, Sakadarira pribadi, Aywa tinggal tutuladan, Lamun tan mangkono kaki, Yekti tuna ing tumitah, Poma kaestokna kaki. Tetapi harus giat berupaya, sesuai
kemampuan diri, Jangan melupakan suri tauladan, Bila tak berbuat demikian itu anakku, pasti merugi sebagai manusia. Maka lakukanlah anakku !